Mengirim Email Menggunakan PHP

Home » » Mengirim Email Menggunakan PHP

Ketika seorang user melakukan pendaftaran akun pada suatu website, secara otomatis  website tersebut mengirim email konfirmasi  ke alamt email yang digunakan user tersebut untukmendaftar.dan perlu bagi user untuk mengonfirmasi  terlebih dahulu sebelum dapat digunakan. Dan begitu juga ketika ada updetan dari admin website tersebutmaka secara otomatis emailakan dikirim ke user yang terdaftar.
Fitur email inibiasanya sudah disediakan oleh hosting yang kita bayar. Di localhost juga kita bisa mengirim email dengan menggunakan fasilitas mercury dari xamppnamun kita tidak akanmembahas untuk konfigurasi email menggunakan mercury di localhost,karena kita harus memiliki IP Publik tersendiri untuk mengirim email kita.
Maka dari itu pada artikel kali ini kita akan membahas tentang cara mengirim email menggunakan phpOke langsung saja  
Mulai Mengirim Email
1.      pertama siapkan dulu hostingnya. Saran sayauntuk percobaan gunakan dulu hosting gratisan ada banyak tersedia  search ajah di google.
2.      Di asumsikan anda telah mempunyai sebuah hosting. Lalu buat file mail.basic.php. untuk mengirim email menggunakan phpsytaxnya sebagai berikut“mail(to,subject, message,header,parameter)”. Sehingga pada mail.php kita seperti ini



Sampai pada tahap ini selesai, itu artinya kita sudah siap untuk mengirim email selamat mencoba. Semoga artikel ini dapat membantu sobat utamanya buat kamu yang lagi pengen belajartentang PHP
.
Share this article :